Dilihat dari namanya Desain Permodelan Grafik merupakan citra / gambaran dari sebuah objek baik dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi yang dapat digunakan dalam penyampaian pesan, karya seni, dan komersial.
@ SEJARAH
Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai desain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Tahun ini merupakan tahun revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara masal dengan biaya rendah.
Pada tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu Peter Schoffer mencetak "Latin Bible", "Guterberg Bible" dan lain - lain yang terbit tahun 1456. Pada masa ini juga berkembang seni menghias buku, corak huruf, dan ilustrasi dengan tokoh yang terkenal waktu itu Lucas Cranach dengan karyanya "Where of Babilion". Perkembangan berikutnya ditemukan teknik cetak Lithografi, cetak Lithografi menggunakan teknik cetak dasar yang saling tolak menolak antara air dan minyak, sehingga pada masa ini berkembanglah poster. Tokoh - tokoh seni poster Lithografi antara lain Jules Cheret, Henri de Toulouse Lautrec, dan Eugene Grasset.
Kejayaan kerajaan Romawi telah membawa peradaban baru dalam sejarah peradaban barat dengan diadaptasikannya sastra, seni, agama, serta alfabet latin yang dibawa dari Yunani. Pada saat sekarang ini adanya mesin cetak dan komputer telah mempermudah serta mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis.
@PROSES PERMODELAN GRAFIK
1. Permodelan Geometris
Permodelan Geometris adalah proses menciptakan model matematika dari objek - objek 2 Dimensi maupun 3 Dimensi.
2. Rendering
Rendering adalah memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3. Animasi
Animasi adalah proses menetapkan/ menampilkan kembali tingkah laku objek bergantung waktu.
4. Open GL
Open GL merupakan perantara aplikasi desain hardware.
5. Aplication Program
Aplication Program berfungsi untuk memetakan objek aplikasi ke tampilan atau citra.
@PROSES PERMODELAN GRAFIK
1. Permodelan Geometris
Permodelan Geometris adalah proses menciptakan model matematika dari objek - objek 2 Dimensi maupun 3 Dimensi.
2. Rendering
Rendering adalah memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3. Animasi
Animasi adalah proses menetapkan/ menampilkan kembali tingkah laku objek bergantung waktu.
4. Open GL
Open GL merupakan perantara aplikasi desain hardware.
5. Aplication Program
Aplication Program berfungsi untuk memetakan objek aplikasi ke tampilan atau citra.
@ APLIKASI DESAIN PERMODELAN GRAFIS
1. Aplikasi Pengolah Gambar
-Adobe Illustrator
-Beneba Canvas
-Corel Draw
2. Aplikasi pengolah Tata Letak
-Adobe in design
-Ms. Publisher
3. Aplikasi pengolah Audio Visual
-Final Cut
-Power Director
-Adobe After Efect
4. Aplikasi 3 Dimensi dan 2 Dimensi
-Blender
-Autocad
-Blender
-Autocad
Tidak ada komentar:
Posting Komentar