Kamis, 04 Juni 2015

Cloud Computing

  
CLOUD COMPUTING
Cloud Computing adalah sebuah teknologi komputer yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengolah data dan aplikasi. Cloud Computing Mengizinkan user untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses dari internet.

@Manfaat Cloud Computing

1. Semua data tersimpan di server secara terpusat
2. Keamanan Data
3. Fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi
4. Investasi Jangka panjang

@Cara Kerja Cloud Computing

Sistem ini bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem Cloud Computing sendiri akan memberi akses login untuk user. Media penyimpanan data dan perintah dari user disimpan secara virtual melalui internet kemudian akan dilanjutkan ke server aplikasi. Ketika perintah diterima oleh server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang sudah diperbaharui sesuai instruksi.

@Contoh Cloud Computing

1. Email
2. Data Storage Online
3.Colaboration Tools
4. Virtual Office
5. Kekuatan ekstra processing

Studi Kasus Cloud Computing

Pengiriman data melalui email. Saat kita akan melakukan pengiriman data melalui email, kita akan mengupload data atau aplikasi yang akan kita kirim kepada seseorang maka data atau aplikasi tersebut tersimpan dalam sistem cloud Computing. Saat kita memerlukanya kembali data atau aplikasi tersebut dapat kita unduh kembali dengan ketentuan menggunakan jaringan internet.

GRID COMPUTING



  Selain Cloud Computing terdapat juga Grid Computing. Dimana Grid Computing ini merupakan tipe komputasi paralel yang menggunakan sumber daya dan banyak komputer yang terpisah secara geografis. Grid Computing menjanjikan peningkatan utilitas dan fleksibilitas yang lebih besar untuk sumber daya infrastruktur, aplikasi dan informasi.

Perbedaan Cloud Computing dan Grid Computing ialah :

1. Komputasi Grid lebih menekankan pada resources sharing
2. Fokus komputasi Grid adalah kepada kemampuan memindahkan beban kerja ke lokasi sumber daya yang memerlukan
3. Cloud Computing lebih menekankan pada kepemilikan, setiap user memiliki sumber daya prbadi dari cloud.
4. Komputasi Grid menekankan pada tugas - tugas komputasi yang sensitif dan sulit untuk yang berskala otomatis
5. Cloud Computing Menekankan pada aplikasi transaksi, suatu permintaan dengan jumlah besar dan terpisah - pisah, dan dapat untuk skala otomatis atau semi otomatis.


MAP REDUCE &NoSQL


@Map Reduce
    Map Reduce adalah sebuah konsep dimana data yang kontinue dipecah menjadi bagian data kecil dan di distribusikan melalui mesin - mesin yang terhubung secara cluster. Dapat juga dikatakan Map Reduce merupakan framework yang mempercepat proses pengolahan data pada konsep cloud computing.

@NoSQL
    NoSQL bukanlah sistem basis data pada umumnya yang menggunakan syntax SQL dalam pengoprasianya mengakses database. Untuk mengakses data di NoSQL digunakan objek - oriented programming yang banyak digunakan developer.

#Referensi :
1. http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html
2. http://romydjuniardi.blogspot.com/2013/05/map-reduce-dan-nosql.html
3.http://saridr.blogspot.com/2013/04/cloud-computing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar