Rabu, 28 September 2011

Peran serta lingkungan sosial, dalam berbagai situasi dan kondisi

Apakah lingkungan sosial menurut anda ?
Kunci utama mendapatkan arti dari sebuah lingkungan sosial yaitu sekelompok masyarat, warga, atau orang-orang yang berhubungan dengan kita, baik sudah saling mengenal atau belum. Melalui orang lain, kita akan berinteraksi, dan bersosialisasi melalui komunikasi. Oleh sebab itu dalam hidup bermasyarakat, kita harus membina hubungan baik secara terus menerus supaya keberadaannya di dalam masyarakat diterima dengan baik. Jauhkan konflik  yang biasanya muncul dari kesalahpahaman. Karena itu, sikap, ucapan, dan tindakannya harus dijiwai seseorang dan diterapkan dalam pergaulannya sehari-hari di masyarakat.
keberadaan orang-orang yang sudah memiliki citra baik didalam masyarakat biasanya akan
menimbulkan timbal balik yang baik pula, begitulah gambaran tentang bagaimana keadaan lingkungan sosial saya. Gotong royong, toleransi, ramah tamah, dan saling menghargai, merupakan syarat wajib bagi suatu lingkungan sosial yang ideal.

Berikut ini adalah contoh dari perilaku gotong royong, toleransi, ramah tamah dan saling menghargai yang wajib dilakukan dalam lingkungan sosial :

Sejak minggu pertama pasca gempa, warga masyarakat yang menjadi korban telah melupakan kesedihan mereka dan bangkit kembali untuk bekerja gotong royong membangun berbagai bangunan yang rusak.

Toleransi akan membentuk suasana lingkungan sosial lebih damai, dengan saling menghormati antar umat beragama.

Ramah tamah yang dilakukan oleh pejabat setempat dengan salah satu keluarga miskin

Menghargai orang lain merupakan kunci dari pencitraan baik seseorang untuk menghargai, dan dihargai

Apa jadinya jika kita tinggal didaerah yang tidak memiliki lingkungan sosial yang baik, tentunya 
tidak akan tercipta komunikasi dan interaksi yang baik antar satu penghuni dengan penghuni lainnya, acuh tak acuh dan bersifat individualistis, atau bahkan bisa timbul rasa dengki di antara satu dan lainnya. Tentunya bukan lingkungan seperti itu yang kita harapkan bukan ? oleh karena itu mulailah bersikap cakap dilingkungan anda, agar anda bisa merasakan betapa menyenangkannya memiliki llingkungan sosial yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar