Sabtu, 10 Maret 2012

Bahasa Pemrograman Python

Pengertian Python    

Python merupakan salah satu Bahasa Pemrograman, perancangannya berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python juga menggabungkan kapabilitas kemampuan dengan sintax yang sangat jelas. Python merupakan bahasa pemrograman yang dinamis yang dilengkapi dengan pengaturan memori otomatis, juga dapat ditempatkan di berbagai macam platform OS (operating System), seperti windows, Linux, Mac OS, dll.

Sejarah singkat  Python.

mendengar kata Python, tidak sedikit langsung berfikir bahwa asal mula penamaanya karena diinspirasikan oleh seekor ular Python, tentunya bukan. Sang penemu Guido Van Rossum menamakan penemuannya dengan nama Python karena kecintaan Beliau terhadap acara televisi di BBC yang bernama Monty Python's Flying Circus.
Pada mulanya Guido Van Rossum di tahun 1990 di CWI, Amsterdam membuat Python sebagai kelanjutan dari Bahasa Pemrograman ABC. Tahun 1995 Guido Van Rossum pindah ke CNRI (Corporation for National Research Initiatives) sambil terus mengembangkan Python sampai versi terakhir yang dikeluarkan adalah 1.6. pada tahun 2000 Guido dan para pengembang inti Python, pindah ke BeOpen.com, sampai Python 2.0 keluar, Guido bersama pengembang lainnya pindah ke Digital Creations. Dan pengembangan Python dibantu oleh  pemrogram bernama Python Software Foundation yang bergerak sebagai organisasi non profit yang memegang hak cipta intelektual Python sejak versi 2.1, dan sekarang versi Python sudah mencapai versi 2.6.1 dan 3.0.

Input Output pada Python

Python menyediakan fungsi bernama raw_input gunanya untuk membaca data dari keyboard.

raw_input("masukkan data") 

Nilai baliknya berupa String, seperti ;

#!/usr/bin/python

print "menjumlahkan dua buah angka"

x=raw_input("bilangan pertama : ")
y=raw_input("bilangan kedua : ")

x= int(x)
y= int(y)

print "Jumlahnya adalah : ", (x+y)

Setelah itu simpanlah dengan nama yang kita inginkan, dan jangan lupa untuk menambahkan .py, dan jalankan melalui terminal dengan mengetikkan 

python namafile.py

Maka kita akan mendapatkan outputnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar