Senin, 27 Januari 2014

HOLAAAA..NEW STORY :)

Hay Hay..ketemu lagi sama gue si bawel yang so weird sometimes, but i think you pasti pernah juga feel so weird. hehe aduh kenapa yah abis dengerin lagu kantoinya Zee Avi tuh bikin lidah gaul dan alay gue berubah jadi kemelayu-melayuan ahem..tapi teteplah bahasa alay dan gaulnya yang cuma ada di indonesia akan tetap mendarah daging di gue, selama masih jadi anak muda yang tinggalnya ngga jauh dari ibu kota metropolitan yang jadi penyebar wabah bahasa anak muda yang jadi variatif bentuknya.

Oke By The way..Di hari yang sangat mendung ini gue memulai kebawelan gue lagi disini *horraay*, di blogger..blogger yang isinya campur-campur kaya gado - gado dan macem es campur atau bisa juga kaya bakso komplit pake mie kuning, bihun, sambel, kecap, cuka, garem, dan yang pasti pake mangkok sama sendok garpunya. Udah lama banget ngga menyentuh blogger semenjak tugas terakhir softskiil gue di tahun lalu. Sekarang gue mau berbagi cerita niih.. egghmm siap-siap dengerin yah dont go any where just listen to me, tapiii tunggu deh emgnya kalian bisa dengerin gue ngomgong ? hmm yaudah kalo gitu baca aja yah hehe.

Banyak banget hal-hal yang terjadi selama beberapa bulan ini, beberapa ratusan hari belakangan, dan setengah tahun belakangan ini. dari hal yang cool, nyebelin, nyakitin, ngagetin, dan hmm apa lagi yah oiya ngebahagiaainn pastinya hehe. Oke mulai dari yang cool dulu deh..yang cool itu pertama waktu liat cowo gue potong rambut*OMG he is so wonderfull, handsome like my father*, kedua cuacanya guys cool banget ujan ngga berhenti menghipnotis cuaca jadi se ekstrem inih *ngga begitu suka sama cuaca dingin*. Sekarang yang nyebelin, ya yang nyebelin itu yaa liat cowo gue sakit, rasanya tuh gue mati kutu karena ngga bisa nyembuhin dia aa >< *ya jelas aja guekan bukan dokter*. Nyakitin nah kalo ini menyangkut tali persahabatan..hmm ya susah dijabarkan dan males diungkit ungkit, intinya gue ngga ngelarang temen gue siapa aja mau main sama siapa aja, soalnya berteman itu hak setiap manusia dan ngga boleh kita larang-larang. emangnya kita lahir tercipta khusus untuk seseorang doang apa ya hee tp kalo jodoh pengecualian yah hee. Kalo ngagetin hmm banyak berita duka dari temen - temen kelas yang orang tuanya pergi duluan ke sisiNYA im so really sad :(. dan the Last happiness or kebahagiaan mama beliin sesuatu yang udah lama bgt gue impiin :). Finish..*akhirnya* yeeeeeay !!

Wah .. si ujan turun lagi, kayanya cuaca sebentar lagi jadi cool nih..tangan sama kaki gue pasti memutih lagi karena dingin. brrr..see ya i want to take a warm for my body *make a cup of choclate milk* 

Minggu, 17 November 2013

(UML) Unified Modeling Language

Definisi 

Unified Modeling Language merupakan metode permodelan secara visual untuk merancang atau membuat software yang berorientasi objek, dapat dihubungkan ke berbagai bahasa pemrograman, juga memiliki standar penulisan blue print, meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas - kelas dalam bahasa pemrograman spesifik, skema database, dan komponen - komponen yang diperlukan dalam sistem software. Untuk dapat memahami UML dibutuhkan tiga elemen utama, seperti building block, aturan - aturan yang menyatakan bagaimana building block diletakkan secara bersamaan, dan beberapa mekanisme umum.

Building Blocks
Elemen - elemen yang terdapat dalam Building blocks :

1. Benda, yaitu abstraksi pertama dalam sebuah model.
2. Relationships,yaitu alat komunikasi dari benda - benda.
3. Diagram, yaitu kumpulan dari benda - benda.

Relationship

Terdapat 4 macam hubungan didalam penggunaan UML, yaitu;

1. Dependency
2. Association
3. Generalizations
4. Realizations

Diagram Pada UML 

UML memiliki diagram - diagram sistem, diagram tersebut digunakan dalam penggambaran masalah maupun solusi dari permasalahan suatu model .

Diagram - diagram tersebut, yaitu :
1. Diagram Use Case
    Diagram Use Case digunakan untuk menggambarkan aktifitas - aktifitas yang dilakukan oleh suatu sistem dari sudut pandang pengamatan luar.

2. Diagram Class
    Diagram Class memberi pandangan luas dari suatu sistem dengan cara menunjukkan kelas -kelasnya dan hubungan mereka. Diagram Class mempunyai 3 macam hubungan, yaitu :

1. Association, adalah hubungan antara dari dua kelas.
2. Aggregation, adalah dimana satu kelasnya merupakan bagian dari suatu kumpulan.
3. Generalization, adalah suatu hubungan turunan yang mengasumsikan satu kelas merupakan super class dari kelas lain.

3. Diagram Package
    Diagram Package digunakan untuk mengatur pengorganisasian diagram class yang kompleks, dapat dilakukan pengelompokkan kelas - kelas berupa package.

4. Diagram Sequence
    Diagram Sequence merupakan salah satu diagram interaction yang menjelaskan bagaimana suatu opersai dilakukan. Diagram ini diatur berdasarkan waktu.

5. Diagram Collaboration
    Diagram Collaboration juga termasuk diagram interaction. Fungsinya membawa informasi yang sama dengan diagram sequence, tetapi lebih fokus kepada kegiatan obyek dari waktu pesan dikirimkan.

6. Diagram StateChart
    Diagram State Chart menunjukkan kemungkinan dari keadaan obyek dan proses yang menyababkan perubahan pada keadaannya.

7. Diagram Activity
    Diagram Activity sering digunakan untuk flowchart. Diagram ini berhubungan dengan diagram statechart, kalau diagram statechart fokus kepada obyek dalam suatu proses, diagram activity fokus kepada aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal.

8. Diagram Deployment
    Diagram Deployment adalah sebuah code module, yang berfungsi menerangkan bahwa konfigurasi fisik software dan hardware.

StarUML

     

StarUML adalah aplikasi dengan karakteristik open source, fleksibel, dan penuh feature . StarUML digunakan untuk membangun alat pemodelan software dan platform UML(unified Modeling Language) /MDA (Model Driven Architecture) yang dapat berjalan pada platform Win32.

Konsep Dasar StarUML :

1. Model, view dan Diagram
    Model adalah elemen yang memuat informasi untuk model software. View merupakan suatu ekspresi visual dari informasi didalam model. Diagram adalah koleksi elemen yang memberikan pemikiran user didalam mendesain secara spesifik.

2. Project dan Unit
    Merupakan  manajemen dasar didalam starUML. suatu project dapat mengatur satu atau lebih model software.

3. Module

   StarUML sebagian besar ditulis menggunakan bahasa delphi, akan tetapi starUML menerapkan proyek multi bahasa sehingga dapat menggunakan bahasa pemrograman seperti C, C++, java, Visual Basic, Delphi, JScript, C# VB.NET dll). StarUML juga menyediakan arsitektur plug-in, sehingga siapa saja bisa mengembangkan plug-in modul dalam bahasa pemrograman yang kompatibel. 

Minggu, 10 November 2013

Desain Permodelan Grafik


     Dilihat dari namanya Desain Permodelan Grafik merupakan citra / gambaran dari sebuah objek baik dalam bentuk  2 dimensi maupun 3 dimensi yang dapat digunakan dalam penyampaian pesan, karya seni, dan komersial.

@ SEJARAH

     Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai desain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Tahun ini merupakan tahun revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara masal dengan biaya rendah.
Pada tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu Peter Schoffer mencetak "Latin Bible", "Guterberg Bible" dan lain - lain yang terbit tahun 1456. Pada masa ini juga berkembang seni menghias buku, corak huruf, dan ilustrasi dengan tokoh yang terkenal waktu itu Lucas Cranach dengan karyanya "Where of Babilion". Perkembangan berikutnya ditemukan teknik cetak Lithografi, cetak Lithografi menggunakan teknik cetak dasar yang saling tolak menolak antara air dan minyak, sehingga pada masa ini berkembanglah poster. Tokoh - tokoh seni poster Lithografi antara lain Jules Cheret, Henri de Toulouse Lautrec, dan Eugene Grasset.
     Kejayaan kerajaan Romawi telah membawa peradaban baru dalam sejarah peradaban barat dengan diadaptasikannya sastra, seni, agama, serta alfabet latin yang dibawa dari Yunani. Pada saat sekarang ini adanya mesin cetak dan komputer telah mempermudah serta mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis.

@PROSES PERMODELAN GRAFIK

1. Permodelan Geometris
    Permodelan Geometris adalah proses menciptakan model matematika dari objek - objek 2 Dimensi maupun 3 Dimensi.

2. Rendering
    Rendering adalah memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.

3. Animasi
    Animasi adalah proses menetapkan/ menampilkan kembali tingkah laku objek bergantung waktu.

4. Open GL
    Open GL merupakan perantara aplikasi desain hardware.

5. Aplication Program
    Aplication Program berfungsi untuk memetakan objek aplikasi ke tampilan atau citra.

@ APLIKASI DESAIN PERMODELAN GRAFIS

1. Aplikasi Pengolah Gambar
    -Adobe Illustrator
    -Beneba Canvas
    -Corel Draw

2. Aplikasi pengolah Tata Letak 
    -Adobe in design
    -Ms. Publisher

3. Aplikasi pengolah Audio Visual
    -Final Cut
    -Power Director
    -Adobe After Efect

4. Aplikasi 3 Dimensi dan 2 Dimensi
    -Blender
    -Autocad


Senin, 19 Agustus 2013

Mungkin kejenuhan adalah hal yang sering kita rasakan, ketika kita melakukan kegiatan yang monoton setiap harinya, melakukan sesuatu tanpa adanya penyemangat, menghadapi semuanya sendirian, berhadapan dengan hari hari yang melelahkan tanpa merasa senang.
hanya dapat berdiam diri berharap melakukan sesuatu yang menyenangkan namun terasa berat.

Sabtu, 17 Agustus 2013

Notepad ++ 6.2.2

Notepad ++ merupakan sebuah aplikasi yang dapat kita membantu kita untuk membuat sebuah program. Notepad ++ didukung oleh banyak bahasa pemrograman sehingga memudahkan kita dalam menyusun codingan . berikut ini link downloadnya :

DOWNLOAD

Jumat, 17 Mei 2013

Tugas Pemrograman Berbasis Objek


Hai Assalamualaikum. Beberapa waktu lalu dosen Mata kuliah PBO meminta saya dan teman-teman seperjuangan untuk membuat sebuah program yang berisi materi yang telah beliau ajarkan kepada kami, awalnya saya mencoba membuat sebuah program tapi usaha pertama gagal, kemudian saya bersama rekan saya M.Bagus Bintoro saya melakukan penelitian terhadap beberapa program. Kamipun memutuskan untuk membuat sebuah program menu berbasis GUI. Kami meminta maaf apabila terdapat kekurangan dalam program yang kami bagikan ini. Terimakasih. Berikut dibawah ini meruakan listing program dari tugaspbo.java yang kami buat :


Dan , berikut adalah hasil outputnya :


Dosen : Suryaningrum
Oleh   : Bekti Saraswati & Muhamad Bagus Bintoro
Universitas Gunadarma, Teknik Informatika 2013..
Berikut Link Download dari program diatas :)
Download

Minggu, 12 Mei 2013

Kenapa

  Dari awal aku tidak tau bahwa Tuhan akan mengirimku ke dimensi ini. Banyak harapan, cinta, kesedihan, juga kebahagiaan disini..
Masalah sering datang silih berganti, dan menyisakan pengalaman, pengalaman yang berharga, juga pengalaman yang mengajariku cara bertahan hidup hinga kini..Kebaikan & kejahatan terlihat tidak seimbang..
Ibu pernah berkata bahwa aku harus menjadi seorang yang baik hati, dan menjadi seorang yang ceria dan suka tertawa. Tapi mengapa banyak seseorang yang baik tapi meminta imbalan, dan banyak yang suka tertawa tetapi tertawa diatas penderitaan orang lain..Apakah mereka lalai dari perintah Ibu mereka, atau  ibu mereka adalah ibu yang tidak paham tentang sesuatu yang baik. Hmmm ku yakin tidak, itu semua hanya ulah mereka yang terjebak didalam kebahagiaan tanpa ingat pesan dari Ibunya sepertiku..

  Ya Tuhan..Kenapa aku ada disini ? Ya ampun pertanyaan apa itu, aku wajib bahagia atas Mukjizat ini
  Ya Tuhan Terimakasih karena memilihku sebagai Khalifahmu..

Disini, aku bisa melihat, belajar dan merasakan keindahan, serta kebesaranMu. Disini, aku bisa merasakan udara dan menghirupnya tanpa cara yang sulit, akupun bisa memijakkan kakiku di tanahmu, menyentuh air di bumimu bahkan meminumnya untuk kelangsungan hidupku, aku juga bisa merasakan dingin dan hangat..Disini au juga bisa membedaan apa yang baik, yang buruk dan sangat-sangat buruk.

  Tidak pernah kujumpai kesempurnaan disini, tetapi banyak yang menganggap diri sendiri sempurna. Sesungguhnya ku tau..Kesempurnaan hanyalah Engkau dan semua Ciptaanmu, termasuk kami, tapi kami tidak pernah bisa merasa sempurna tanpaMu dan jika kami meninggalkanMu..